TRANSMISI
Saat kendaraan berjalan,
bukanlah momen lagi yang dibutuhkan, namun yg dibutuhkan adalah speed atau
kecepatan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut digunakan transmisi yang mempunyai
rasio perbandingan gigi.
Transmisi berfungsi untuk :
Mengatur kecepatan
kendaraan sesuai beban dan kondisi jalan
Memungkinkan kendaraan
berjalan mundur
Memungkinkan kendaraan diam
ketika mesin hidup (netral)
Merubah momen
Jenis-jenis Transmisi
1. Selective gear transmission ,dibagi menjadi :
- Slidingmesh
type
-
Constantmesh type
-
Syncromesh type
2. Planetary gear transmission
3. Automatic transmission , dibagi menjadi
- fluid
type
- electric
type
1. TRANSMISI SLIDINGMESH
Jenis ini merupakan dasar pertama kali ditemukannya transmisi, dengan
konstruksi yg sangat sederhana dan dengan banyak kerugian, diantaranya :
konstruksi yang besar
Susah saat memindah gigi
Suaranya kasar
Susunan gear dalam jenis ini selalu berkaitan ,sehingga saat input gear
berputar,counter gear juga berputar
2. TRANSMISI CONSTANMESH
Jenis ini adalah
pengembangan dari jenis slidingmesh. Namun dalam mekanisme pemindahan gearnya
masih terjadi kesukaran. Pada jenis ini, main shaft nya dipasang dog clutch
sebagai pemindah putaran dari main gear ke main shaft.
3. TRANSMISI SYNCROMESH
Pada jenis ini,perpindahan gigi menggunakan syncromesh, sehingga mudah
dan nyaman.
KOMPONEN TRANSMISI
SYNCROMESH :
1.
Input Shaft
Input shaft transmisi
disatukan dengan main drive gear yang berfungsi untuk meneruskan putaran clutch
ke transmisi (sebagai sumber putaran transmisi).
2.
Main Shaft
Berfungsi sebagai out put transmisi sekaligus
dudukan main gear dan hub set.
Antara main shaft dan input shaft transmisi dapat
berputar bebas, karena dihubungkan dengan perantara bearing.
3.
Main Gear
Main gear terpasang pada main shaft dengan
perantara bearing. Jumlah main gear tergantung jumlah tingkat kecepatan yang
ada pada transmission.
Untuk transmisi 5 speed terdapat 5 main gear dengan
jumlah gear yang berbeda.
Fungsi main gear untuk memeruskan putaran
counter gear ke syncronyzing system dan output shaft.
4.
Steel ball :
membuat main gear 1 dapat memutarkan output shaft dengan
maksimal.
5.
Bearing :
sebagai dudukan output shaft
6.
Gear box :
tempat / rumahan semua gear transmisi
7.
Trash washer :
sebagai perapat counter gear dengan gear box
8.
Snapring : Berfungsi untuk menahan susunan gigi pada output shaft
9.
Counter Gear :
Ø
Terdiri
dari beberapa gear yang disatukan, banyaknya gear tergantung dengan banyaknya
tingkat kecepatan.
Ø
Untuk
transmisi dengan 5 speed terdapat 6 counter gear dengan jumlah gear yang
berbeda.
Ø
Counter
gear berfungsi untuk memindahkan putaran dari input shaft (main drive
gear) ke main gear sekaligus membuat gear ratio
Ø
Counter shaft :
sebagai dudukan counter gear.
10. Idle gear and Reverse idle shaft
Ø Idle gear terpasang pada reverse idle shaft. Gear ini berfungsi untuk menghubungkan
counter gear dengan main reverse gear sehingga main reverse gear berputar
berlawanan dengan input shaft ,ini meyebabkan kendaraan berjalan mundur.
Ø Reverse
idle shaft : sebagai dudukan idle gear
11. Synchronizer ring
Berfungsi untuk menyamakan putaran antara main gear
dengan hub set
12. Cluth Hub
Berfungsi menghubungkan putaran dari sleeve hub ke
main shaft.
13. Sleeve Hub :
Berfungsi
untuk memindahkan putaran dari main gear ke main shaft melalui clutch hub.
14.
Shifting Key : membantu kerja sleeve hub dan mnekan
syincroniyzer ring
15. Spring Key :
mengunci
shifting key tetap berada pada clutch hub.
Gear ratio / perhitungan
gigi rasio
Gigi rasio adalah perbandingan gigi pemutar dan gigi yang diputar dalam
menghasilkan momen dan kecepatan pada suatu kendaraan. Rumusnya :
gigi rasio : gigi yg diputar
(B) gigi
pemutar (A)
Saat gigi maju :
Rumusnya : gigi B x gigi
D
gigi A gigi C
Saat gigi Mundur :
Untuk menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan Idle gear, untuk memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang berlawanan.
Mungkin ini dulu yang
dapat saya samapaikan, apabila ada penulisan kata/ kalimat yang salah saya
mohon maaf yang stulus-tulusnya,semoga bermanfaat. Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar