Selamat berkunjung di blog ini !!
Sistem kopling yang akan kita bicarakan
disini adalah sistem kopling manual yang selanjutnya kita sebut kopling saja.
Berikut adalah ulasan singkatnya...
Kopling/clutch
adalah peralatan/sistem transmisi yang menghubungkan poros engkol dengan poros
roda gigi transmisi.
Kopling terletak diantara mesin dan
transmisi. Fungsi dari kopling adalah memutus dan menghubungkan putaran engine
ke transmisi dengan halus dan lembut.
Syarat kopling adalah :
¢ Harus dapat menghubungkan
putaran engine ke transmisi dengan lembut.
¢ Harus dapat meneruskan
putaran engine tanpa slip.
¢ Harus dapat membebaskan
transmisi dari putaran engine secara
cepat dan sempurna.
¢ Harus tahan dengan putaran
engine yang cepat.
Komponen-komponen utama pada kopling sbb :
- Flywheel : sebagai dudukan clutch cover assy
- Pressure plate : menekan clutch disc
- Diafragma spring : menggerakkan pressure plate
- Clutch cover : sebagai dudukan diafragma spring, pressure plate dan ring pivot
- Clutch disc : meneruskan putaran flywheel dengan lembut dan sebagai dudukan input shaft transmisi
- Release bearing : menekan diafragma spring
- Release fork : menekan release bearing.
Clutch Disc
Clutch disc terdiri dari :
¢ Facing : mencegah terjadinya
slip pada saat kopling bekerja
¢ Clutch hub : sebagai dudukan input shaft
transmisi
¢ Torsion damper : meredam getaran saat sistem kopling bekerja
¢ Rivet : sebagai pengikat antar facing pada kedua sisi clutch disc
¢ Cushion plate : membuat clutch disc menjadi
fleksibel ketika kopling bekerja
¢ Disc plate : sebagai dudukan facing.
Prinsip Kerja Kopling
ü Saat pedal kopling
diinjak,release fork menekan release bearing. Kemudian release bearing menekan
diafragma sehingga mengembang dan membuat pressure plate melepas jepitannya
terhadap clutch disc. Putaran engine pun tidak dapat diteruskan ke transmisi.
ü Saat pedal kopling dilepas,
release fork melepas tekanannya terhadap release bearing. Dan diafragma spring
kembali ke posisi semula, sehingga pressure plate menekan clutch disc. Putaran
engine dapat diteruskan ke transmisi.
Jenis-jenis Kopling
Kopling terbagi dalam beberapa jenis, yaitu :
Ø Kopling gesek :
Ø Single plate
Ø Multi plate
Ø Kopling fluida (fluide
clutch)
Ø Kopling magnet (magnetic
clutch)
Ø Kopling sentrifugal
(centrifugal clutc)
Ø Kopling dengan pegas
diafragma
Ø Kopling dengan pegas coil
Sedangkan menurut mekanisme penggeraknya,
kopling dibagi menjadi :
Ø Kopling mekanis
Ø Kopling hidrolis
Kopling Mekanis
Kopling mekaninis terdiri dari bagian-bagian
seperti diperli-hatkan pada gambar. Pada jenis ini perpin-dahan tekanan pedal
kopling di terus kan ke rumah kopling secara langsung me-lalui kabel kopling.
Kopling Hidrolis
pada
jenis ini pergerakan pedal kopling diubah oleh master silinder menjadi
tekanan hidraulis kemudian diteruskan ke garpu pembebas melalui silinder
pembebas. pada type ini pengemudi dapat dengan mudah mengo-perasikan kopling
dengan tekanan pedal yang ringan.
Terimakasih... Semoga bermanfaat,... semoga :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar