Jumat, 27 Februari 2015

Tips Menjaga Kendaraan EFI



SELAMAT BERKUNJUNG di BLOG INI !!!

TIPS AGAR KENDARAAN  EFI Anda tetap dalam kondisi prima :
1.     Ketika menghidukan mesin perhatikan bilamana indikator/gambar “check engine” pada instrumen (tergantung merk mobil) tetap menyala setelah mesin hidup selama beberapa detik, segeralah hubungi mekanik terdekat.
2.    Ketika berkendara dan bilamana indikator check engine menyala, segeralah hubungi mekanik terdekat.
3.    Bersihkan dan gantilah saringan udara secara berkala atau tepat pada waktunya.
4.    Gantilah saringan bensin (fuel filter) secara berkala, sebaiknya setiap 15.000 km.
5.    Bersihkan throotle body dan idle regulator/ stepper  motor secara berkala.
6.    Bersihkan connector sensor-sensor, connector pengapian dan connector ECU secara berkala.
7.    Ganti busi secara berkala dan periksa keregangan celah busi setiap 5.000 km dan gunakan busi tipe R, yaitu yang menggunakan resistor.
8.    Hindari ECU (Electronic Control Unit) dari air.
9.    Usahakan aki dan sitem pengisian kelistrikan (alternator dan voltage regulatornya) selalu dalam kondisi standar/prima.
10. Jangan berpikir sekalipun untuk memodifikasi voltage regulator dengan sistem cut-out, anda akan merusak ECU maupun modul pengapian (igniter/CDI).
11.  Jangan berusaha menghidupkan mesin ketika soket injektor dalam posisi terlepas.
12. Jangan sekalipun berusaha menghubungkan injektor dengan arus akilangsung (12volt) karena injektor beroprasi dengan tegangan 9 volts.
13. Bersihkan injektor dan sistem bahan bakar secara berkala dengan sistem pembersih yang aman, misalnya interject service.
14. Jika hendak memasang alarm, yakinkan alarm itu dibuat oleh pabrikan besar dan memiliki reputasi internasional, misalkan merk Cliford, Alpine, Kenwood, Avital, dll. Lakukan pemasangan alarm hanya di authorized daeler/ mekanik yang menguasainya. Alarm buatan pabrikan yang tidak memiliki reputasi internasional dapat menimbulkan gangguan fungsi pada ECU.
15. Jika hendak mengganti kabel busi dengan tipe high performance/ racing, yakinkan bahwa kabel terbuat dari bahan yang tidak menimbulkan gangguan pada fungsi ECU.

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, SEMOGA BERMANFAAT !!!

1 komentar: